Akuntansi

Akuntansi Keuangan dalam bisnis dan dinamika perusahaan memiliki peranan yang signifikan terutama untuk memberikan informasi keuangan sebagai dasar dan pendukung dalam pengambilan sebuah keputusan dalam suatu perusahaan. Bermacam macam kepentingan, keputusan, dan juga penggunaan informasi keuangan dalam perusahaan membuat ilmu akuntansi mengalami perkembangan. Informasi yang dihasilkan bukan hanya sebatas pada pelaporan keuangan sebagai bentuk pertanggung-jawaban manajemen, namun juga sebagai instrumen pendukung pengambilan suatu keputusan di masa mendatang, juga peramalan laba.

Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga secara umum memberikan keterampilan kepada peserta didik untuk mengelola dan melakukan pencatatan keuangan secara manual maupun komputerisasi, dan membekali peserta dengan keterampilan akuntansi, mengelola transaksi keuangan, pajak dan membentuk siswa yang bersikap mandiri dan berkarakter sehingga lulusannya dapat menjadi staff accounting yang handal.

Tenaga bagian akuntansi sangat diperlukan oleh seluruh perusahaan kecil, menengah, dan besar. Baik itu perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun perusahaan pabrik karena data yang dihasilkan oleh bagian akuntansi sangat diperlukan perusahaan untuk mengetahui likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas perusahaan.

Lulusan Kompetensi Keahlian Akuntansi mampu melakukan pekerjaan akuntansi yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang dan industry baik secara manual maupun dengan menggunakan software akuntansi (MYOB, SPREADSHEET) sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, dunia industri, pendidikan dan pemerintahan. Selain itu memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Serta dapat membuka peluang usaha dengan menjadi seorang wirausahawan.